Rabu, 01 Desember 2010

MENGATASI KOMPUTER YANG LELET/LEMOT

| Rabu, 01 Desember 2010 | 0 komentar






Lemotnya computer dapat disebabkan oleh banyak hal.  Bisa karena computer terinfeksi virus, banyaknya program yang terpasang tanpa memperhatikan spect computer itu sendiri, atau bisa
juga computer tidak kuat dengan program anti virus yang terpasang.
Nah dengan mensetting bagian-bagian yang akan saya jelaskan ini bisa dihasilkan computer yang tidak kalah cepat dengan computer Pentium IV.
Penambahan memori RAM memang sebuah solusi untuk mengatasi computer yang lambat namun masih saja ada beberapa proses yang dianggap lama.

Berikut adalah tips membuat Komputer agar tidak bolot, yang kemungkinan  beberapa hal yang paling mungkin terjadi.
1. Beban harddisk dan defragmentasi harddisk. Jika harddisk Anda terlalu penuh (lebih dari sekitar 80 persen), atau terlalu terfragmentasi (keduanya hampir sama), hal ini bisa memperlambat PC Anda, terutama jika Anda tidak memiliki kapasitas RAM yang memadai.
2. Defragging adalah solusi termudah.  Untuk melakukan defrag di XP, pilih Start,kemudian My Computer.  Klik kanan C: dan pilih Properties.  Klik tab Tools, lalu Defragment Now. Untuk Vista Anda dapat menggunakan tools dari pihak ketiga, salah satu yang direkomendasikan adalah MyDefrag.
3. Jika harddisk semakin penuh dan defragging tidak membantu, Anda harus menghapus sebagian besar file yang memenuhi harddisk atau memindahkannya ke drive exsternal atau paling gampang mengganti drive dengan ukuran yang lebih besar.

4. Hindari menginstal program baru.  Menambah software dari harddisk yang sesak akan semakin membuat kinerja komputer menjadi lambat.
5. Perhatikan software security. Anda mungkin tidak menginstall software lagi, namun harus diperhatikan juga perangkat lunak AntiVirus harus selalu update atau Anda akan berisiko terinfeksi.  Mayoritas AntiVirus seperti Norton dan McAfee memakan sumber daya di komputer, terutama memperlambat PC yang tua.  Pertimbangkan untuk beralih ke alternatif AntiVirus yang lebih kecil, lebih ramping, dan tentunya gratis. Misalnya Avast atau AVG.
6. Kurangi autoloaders.  Profram AntiVirus mungkin bukan satu-satunya yang berjalan secara otomatis setiap kali komputer dihidupkan (startup). Sejumlah program lain yang terinstal kemungkinan juga telah masuk daftar Startup yang akan membuat jalan PC jadi melambat.  Coba klik Start, pilih Run, dan ketik msconfig, dan akhirnya klik tab Startup.  Lihat apakah banyak program dalam daftar, hapus saja program yang tidak perlu, seperti Adobe Gama, Print Manager, dll.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com