Jumat, 19 November 2010

Panduan Bot Ragnarok

| Jumat, 19 November 2010 | 0 komentar





Kali ini saya akan menjelaskan bagai mana cara untuk melakukan bot pada ragnarok .Pertama yang dibutuhkan Program openkore.
Download Openkore versi terbaru:
OPENKORE

Extract Openkore kamu,sehingga nantinya susunan folder Openkore akan menjadi seperti ini :
Openkore 2.0.6
— Control
— Fields
— Src
— Tables


Selanjutnya Melakukan Setting Bot :

Pada bagian ini saya hanya akan menjelaskan baris-baris penting yang terdapat pada config.txt agar mudah dalam membuat config sendiri.

Perlu kalian ketahui bahwa pada suatu baris di config.txt kadang berkaitan dengan baris pada file lain seperti avoid.txt, arrowcraft.txt, chat_resp.txt, dll.

::Config.txt::

Config.txt adalah file yang paling banyak menyimpan informasi untuk digunakan oleh openkore..

Kita akan membagi bagian ini menjadi beberapa bagian :

..menentukan pilihan login dan informasi server..

- master [nama server]

kita mengambil contoh dari servers.txt untuk idRO.
cth :
[Indonesia - idRO: Chaos/Loki/Iris/Fenrir]
ip 202.43.167.66
port 6900
master_version 12
version 2
serverType 0
serverEncoding Western

disini kita hanya mengambil bagian yang diapit oleh tag '[' dan ']'
menjadi "master Indonesia - idRO: Chaos/Loki/Iris/Fenrir"

- server [nomor]

server disini hanya berguna jika server ragnarok yang kamu mainkan
lebih dari satu server cth idRO.
cth :
[ Iris ] = 0
[ Fenrir ] = 1
[ Chaos ] = 2
[ Loki ] = 3

jadi jika kamu main di Iris maka "server 0", Fenrir maka "server 1",
Chaos maka "server 2" dan Loki maka "server 3".

- username (username)

disini kamu mengisi username atau ID ragnarok online kamu.
cth : "username Raja_Minyak"

- password (password)

kalo ini adalah password kamu.
cth : "password ragnarokonline"

- char [nomor]

nah ini buat nentuin char mana yang di bot, mulai dari ujung kiri
adalah 0,1,2,3,4,5
cth : "char 3"

- serverType [nomor]

ini merupakan type dari server yang kamu mainkan..

0 = normal server
1 = oRO
2 = pRO
3 = eAthena/Freya
4 = new Freya

default adalah 0 (terutama pada idRO)
cth : "ServerType 0"

- gameGuard [nomor]

bagian ini dibuat untuk mengatasi masalah gameguard
pada beberapa server seperti inRO, bRO atau pRO sakray.

0 = Tidak memakai..default
1 = inRO atau pRO sakray
2 = bRO

default adalah 0 (terutama pada idRO)
cth : "gameguard 0"

- attackAuto [number]

ini menentukan apakah kamu akan menyerang atau tidak.

0 = tidak menyerang monster
1 = menyerang monster aggressive
2 = menyerang semua monster (aggressive atau tidak)

default adalah 2 (terutama pada idRO)
cth : "attackAuto 2"

- attackAuto_party [nomor]

sama seperti attackAuto, hanya saja ini untuk monster
yang menyerang party kamu. Party kamu akan didahulukan
keselamatannya..

- attackAuto_inLockOnly [nomor]

ini digunakan untuk menentukan apakah kamu akan menyerang
selagi berjalan menuju map tujuan atau tidak.

0 = menyerang semua monster ketika menuju map tujuan
1 = menyerang monster yang menyerang kamu ketika menuju map tujuan
2 = tidak menyerang apapun kecuali di map tujuan

default adalah 1
cth : "attackAuto_inLockOnly 1"

- attackDistance [nomor]
- attackMaxDistance [nomor]

attackdistance adalah jarak minimal kita dengan monster sebelum
menyerang, sedangkan attackMaxDistance adalah jarak kita mulai
menyerang monster.

jarak bergantung karakter dan jenis senjatanya..

untuk senjata dan karakter melle
cth : "attackDistance 1.5"
"attackMaxDistance 2.5"

untuk senjata jauh atau serangan magic
cth : "attackDistance 1.5"
"attackMaxDistance 18"

18 adalah jarak terjauh seorang archer bisa menembak, kalian
bisa mencoba jarak yang paling enak.

note : jika kita mengisi MaxDistance dengan 18 dan attackDistance
dengan 1.5, maka dia akan menyerang jika jarak antara
dia dengan monster adalah 1.5 sampai 18 kotak.

- attackUseWeapon (flag)

menentukan apakah kita menyerang monster dengan mengunakan skill
saja atau memukul dengan senjata saja.

0 = memakai skill (attack_skill_slot)
1 = memukul biasa mengunakan senjata

bagaimana jika kita ingin menentukan kalo monster A di skill,
sedangkan monster B dipukul biasa.

jawabannya mudah kita set ke 1, dan tetap memakai
attack_skill_slot ke monster tertentu.

biasanya 0 hanya dipakai oleh mage atau acolyte yang mengunakan
skill untuk menyerang.

- attackCanSnipe (flag)

digunakan oleh archer atau mage untuk mengecek jarak melalui
tebing atau sejenisnya. seperti pada map argiope.
default adalah 0

-autoMakeArrows (flag)

digunakan untuk membuat arrow dengan memakai skill archer
yaitu arrow crafting. berkaitan dengan file arrowcraft.txt
untuk menentukan bahan pembuatannya

0 = tidak membuat
1 = membuat berdasarkan settingan dan bahan yang ada

default adalah 0

- autoRestart (flag)

jika diset ke 1, maka bot akan direstart setelah
(autoRestartMin + random(autoRestartSeed)).

autoRestartMin 10800
autoRestartSeed 3600

pada waktu diatas (10800 + random(3600))

- avoidList (flag)

ini adalah bagian dimana digunakan untuk menghindari
karakter tertentu yang terdapat pada file avoid.txt.

avoidList_inLockOnly 0
avoidList_reconnect 1800

avoidlist_inLockOnly diset ke 1 digunakan apabila ingin
menghindari pada map hunting saja.

avoidlist_reconnect adalah waktu untuk login setelah
avoid / dc dalam detik.

default adalah 0

- dcOnDeath (flag)
dcOnDualLogin (nomor)
dcOnMute (flag)
dcOnPM (flag)
dcOnZeny (nomor)

bagian ini adalah perintah disconnect atau dc jika kondisi
sesuai.

dcOnDeath = dc jika mati di lockmap
dcOnDualLogin = dc jika ada yang login memakai char tersebut
selama (nomor) detik.
dcOnMute = dc jika kita di mute oleh GM
dcOnPM = dc bila ada yang me-wisp atau Private Message
dcOnZeny = dc jika zeny yang kita miliki dibawah (nomor)

semua defaultnya adalah 0.

- follow (flag)

jika kita ingin agar bot mengkuti bot lain (bot gandeng/berdua)
maka follow di set ke 1. Berikut adalah beberapa tambahan yang
harus diisi agar bisa mengikuti

- followTarget [nama target]
disini kita mengisinya dengan nama char yang ingin kita ikuti,
harap ditulis sesuai dengan namanya.

- followEmotion (flag)
ini adalah bagian dimana bot akan meniru setiap emoticon yang
dikeluarkan oleh target. ex : /swt, /thx, dll.

- followEmotion_distance (nomor) default 4
jarak antara target dengan bot untuk melakukan emoticon.

- followFaceDirection (flag) default 0
bot akan mengikuti arah kemana wajah target memandang.

- followDistanceMax (nomor) default 6
jarak maksimal bot dengan target dalam mengikuti.

- followDistanceMin (nomor) default 3
jarak minimal bot dengan target saat mengikuti.

- followLostStep (nomor) default 12
jika bot tidak bisa menemukan target maka dia akan berjalan
menuju terakhir target terlihat + 12 kotak.

- followSitAuto (flag) default 1
berfungsi untuk duduk apabila target duduk.

- followBot (flag) default 0
bagian ini untuk menyatakan kalau target adalah bot juga,
dimana bot akan me-wisp target lokasi dia berada sekarang.


- itemsTakeAuto (nomor) default 2
itemsTakeAuto_party (nomor) default 0
itemsGatherAuto (nomor) default 2

ini bagian dimana bot akan menentukan apakah dia akan mengambil
barang atau menghiraukannya.

0 = tidak mengambil apapun
1 = bunuh monster didekatnya baru mengambil barang
2 = ambil barang baru membunuh monster didekatnya

masing-masing berbeda fungsi, dimana :
takeauto = ambil barang dari monster yang kita bunuh
takeautoparty = mengambil barang yang party bunuh
gatherauto = mengambil barang yang tidak diambil orang

dalam mengambil barang bot akan memperhitungkan beratnya,
dimana :

- itemsMaxWeight (nomor dalam persen) default 89
- itemsMaxWeight_sellOrStore (nomor dalam persen) default 48

itemMaxWeight adalah batas maksimal saat bot akan kembali
ke storage. Ini digunakan pada saat hendak balik untuk storage
dan menemukan item di lantai.

itemMaxWeight_sellOrStore adalah berat maksimal dalam inventory.
Jika pas atau lebih maka bot akan ke kafra dan menaruh barang -
barang yang ditentukan kedalam storage.

- lockMap [map name]
lockMap_x
lockMap_y

lockmap digunakan untuk menentukan tempat hunting kita..
lockmap_x dan lockmap_y digunakan apabila kita hanya ingin
hunting pada lokasi tertentu (x,y).

ada dua cara menuju map tujuan dimana cara tersebut dengan berjalan atau dengan teleport hingga mendekati portal.

- route_randomWalk (flag) default 1
digunakan untuk berjalan menuju map tujuan.

- route_teleport (flag) default 0
route_teleport_maxTries (nomor) default 8
digunakan untuk teleport menuju map tujuan selama (nomor) kali
hingga mendekati portal.

- saveMap [nama kota]
saveMap_warpToBuyOrSell (flag) default 1

savemap digunakan untuk balik ke kota dimana tempat kamu menyimpan
posisi kamu (save point), sedangkan warptobuyorsell digunakan
untuk memberikan pilihan apakah kamu balik dengan jalan kaki, atau
menggunakan level 2 tele skill atau butterfly wing.

- shopAuto_open (flag) default 0
shop_random (flag) default 0

digunakan untuk vending, dimana bot akan membuka toko apabila
kamu sedang duduk (sit_auto_idle harus diset ke 1).

shop_random digunakan apakah mengacak urutan item yang dijual
atau tetap sesuai dengan yang terdapat pada shop.txt.

bagian berikut akan diset sebagai berikut :
duduk jika HP dibawah 20% dan berdiri jika HP diatas 70%
duduk jika SP dibawah 10% dan berdiri jika SP diatas 50%

maka :
sitAuto_hp_lower 20
sitAuto_hp_upper 70
sitAuto_sp_lower 10
sitAuto_sp_upper 50

- sitAuto_over_50 (flag) default 0
jika diset ke 1, maka bila berat 50% atau lebih akan duduk.

- sitAuto_idle (flag) default 1
jika diset ke 1, maka bot akan duduk bila status idle
(tidak melakukan apa-apa).

- teleportAuto_hp (nomor) default 10
teleportAuto_sp (nomor) default 0
teleport jika hp atau sp dibawah (nomor) persen.

- teleportAuto_idle (flag) default 0
jika diset ke 1 maka akan teleport jika keadaaan idle.

- teleportAuto_portal (flag) default 0
jika diset ke 1, apabila dalam lockmap tujuan melihat portal
maka akan segera teleport untuk menghindari keluar dari map
hunting.

- teleportAuto_search (flag) default 0
digunakan untuk membuat bot mencari monster yang sudah
ditentukan dalam mon_control.txt.

- teleportAuto_minAggressives (nomor) default 0
teleportAuto_minAggressivesInLock (nomor) default 0
sesuai dengan namanya fungsinya adalah teleport jika jumlah
monster yang menyerang bot sama dengan (nomor) atau lebih.

- teleportAuto_maxDmg (nomor) default 500
teleportAuto_maxDmgInLock (nomor) default 0
fungsinya adalah teleport apabila bot menerima damage sama
dengan nomor atau lebih.

- teleportAuto_deadly (flag) default 0
teleport apabila serangan terakhir monster dapat membunuh kita.

- teleportAuto_useSkill (nomor) default 3
teleport dengan mengunakan berbagai pilihan :
1 = teleport memakai skill dan mengunakan SP
2 = teleport memakai item fly wing dan butterfly wing
3 = teleport memakai skill tanpa memakai SP

- teleportAuto_atkMiss (nomor) default 10
teleport jika attack kamu ke monster miss sebanyak (nomor) kali.
berguna jika kamu salah senjata atau salah elemental.

- teleportAuto_unstuck (flag) default 0
teleport jika bot mengalami stuck (diset ke 1) dalam map.

- teleportAuto_attackedWhenSitting (flag) default 0
teleport jika bot diserang dalam keadaan duduk (diset ke 1).

- teleportAuto_totalDmg (nomor) default 0
teleportAuto_totalDmgInLock (nomor) default 0
bot akan teleport jika damage yang diterima sama atau lebih dari
(nomor). Jika diset ke 0 maka bot tidak akan tele.

- dealAuto (nomor) default 1
partyAuto (nomor) default 1
partyAutoShare (flag) default 0
guildAutoDeny (nomor) default 1

fungsi beberapa bagian diatas adalah untuk mengatur deal, party,
guild request dari orang lain.

0 = tidak melakukan apapun terhadap request
1 = menolak semua request
2 = menerima semua request

pada party autoshare digunakan untuk menset sama rata, hanya bisa
dilakukan oleh pembuat grup.

- ignoreAll (flag) default 0
jika diset ke 1, maka bot akan menolak semua wisp/PM yang ada
sama fungsi dengan /exall.

- secureAdminPassword (flag) default 0
adminPassword (password)
digunakan apabila kita ingin mengecek bot dari karakter lain
melalui PM (diset ke 1), dengan melakukan PM mengunakan
(password) kita bisa mengetahui status dan level.

Berikut adalah blok yang memakai beberapa fungsi yang sama.

- attackSkillSlot
bagian ini menjelaskan skill apa yang akan digunakan pada
monster, pada saat menemukan blok attackSkillSlot yang
sesuai maka dia akan memakai skill yang ditentukan.

- useSelf_skill
jika kondisi dalam useSelf_skill terpenuhi, maka skill akan
digunakan pada diri sendiri. Jika ada 2 skill yang sama,
maka blok paling atas akan dipakai.

- useSelf_item
jika kondisi dalam useSelf_item terpenuhi, maka item akan
digunakan oleh diri sendiri.

Berikut adalah beberapa operator yang berfungsi sama pada 5 blok diatas:

- hp (range)
sp (range)
hanya gunakan blok ini jika bot memiliki hp/sp sesuai dengan
range dalam persen %.

- whenStatusActive (nama status)
whenStatusInactive (nama status)
hanya gunakan blok ini jika status active/inactive. Kamu bisa
menekan 's' pada console untuk melihat status kamu.

- spirit (range)
hanya gunakan blok ini jika spirit dalam range.

- aggresive (range)
hanya gunakan blok ini jika monster aggressive dalam range.

- monsters (list)
list disini dimaksudkan nama monster yang ingin diserang
cth : Poring, Baphomet

- inLockOnly (flag)
jika diset ke 1, bot akan memakai skill hanya pada map hunting.

- notMonsters (monsters)
hampir sama dengan bagian monsters, hanya saja ini agar tidak
menyerang monster dalam list mengunakan blok ini.

- MaxUses (nomor)
jumlah skill ini digunakan pada monster, jika skill ternyata miss
maka tidak akan terhitung..

- Timeouts (nomor)
gunakan blok ini lagi setelah (nomor) detik.

- inInventory_name (item name)
inInventory_qty (quantity)
gunakan skill dalam blok ini, jika (nama item) ada dalam inventory,
dan jumlahnya sesuai dengan (quantity).

- useSelf_skill_smartHeal (flag) default 1
ini adalah bagian yang mengatur smart heal, jadi jika kamu
mempunyai lvl 10 heal, dia akan mengatur lvl berapa yang akan
dipakai sesuai dengan darah kamu.

Pada PartySkill, ada sedikit perbedaan dengan useSelfSkill, dimana pada party skill kita memberikan skill pada party kita.

Party skill terbagi dua blok yang berbeda dimana blok mulai dari :

lvl 10
maxCastTime 0
minCastTime 0
hp
sp
onAction
whenStatusActive
whenStatusInactive
whenFollowing
spirit
aggressives
monsters
notMonsters
stopWhenHit 0
inLockOnly 0
notWhileSitting 0
notInTown 0
timeout 0
disabled 0

adalah blok tentang pengunaan skill dan status kita dan blok berikutnya adalah :

target [nama char]
target_hp
target_isJob
target_isNotJob
target_whenStatusActive
target_whenStatusInactive
target_aggressives
target_monsters
target_timeout 0
target_dead 0
inInventory

dimana blok ini adalah bagian dari status target / party kita..

Bot pada dasarnya bisa mengganti senjata/equip/arrow dan menentukan defaultnya maka dipakai :

autoSwitch_default_rightHand [nama item]
autoSwitch_default_leftHand [nama item]
autoSwitch_default_arrow [nama item]

atau menentukan mengganti equip/senjata/arrow apa jika menyerang monster dengan cara :

autoSwitch [nama monster] {
rightHand [nama equip/senjata]
leftHand [nama equip/senjata]
arrow [nama arrow]
distance [jarak]
useWeapon
}

dimana untuk penulisan [nama equip/senjata] harus sesuai dengan yang tertulis pada console kore. Untuk melihat nama item yang diinginkan bisa dengan mengetik 'i' pada console.

Bagaimana jika kita hendak menyimpan pada storage/beli/jual/ambil barang, maka digunakan baris berikut :

+buy and sell+

buyAuto [nama item] {
npc ([map npc tersebut] x y)
standpoint
distance 5
minAmount 2
maxAmount 3
}

sellAuto 0 (1 jika ingin jual ke NPC)
sellAuto_npc ([map npc tersebut] x y)
sellAuto_standpoint
sellAuto_distance 5

+storage barang+

storageAuto 0 (set ke 1 jika ingin memakai storage)
storageAuto_npc ([map npc tersebut] x y)
storageAuto_distance 5
storageAuto_npc_type 1 (tipe npc 1 = biasa, 2 = kafra, 3 = steps)
storageAuto_npc_steps (npc steps)
relogAfterStorage 1 (relog setelah selesai storage)
storageAuto_password (password storage ???)

+mengambil barang dari storage+

getAuto [nama item] {
minAmount (nomor) minimal di inventory
maxAmount (nomor) jumlah max di inventory
passive
}
jadi jika minAmount tercapai, maka bot akan mengambil [nama item]
hingga mencapai MaxAmount.

Jika sudah Tinggal kilk start

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com